twitter


Bissmillahirrahmanirrahiim


Internet, sebuah sarana yang zaman sekarang menjadi santapan pokok hampir sebagian belahan dunia. Mulai dari Orang Dewasa, Raja bahkan anak-anak umur 5 tahun pun sudah nahir dalam menggunakan internet. Tetapi banyak juga orang yang seharian bermain internet tanpa memikirkan kewajibannya seperti lupa makan, lupa sholat, bahkan lupa akan keluarganya yang perlu dinafkahi. 
 
 Jika sobat2 blogger sering bloggingan , saya sarankan sobat2 menerapkan teknik berinternet yang baik, karena kalau tidak, masalah2 akan timbul di diri kita :
1. Kesehatan Psikologis (Kecanduan)
2. Kesehatan Fisik (Kelelahan, Mata Rusak)
3. Kesehatan Sosial ( interaksi dengan org lain berkurang)
4. Kesehatan Lingkungan Alam( Pemanasan Global)
5. Kesehatan Duit (Banyaknya Pengeluaran)
6. Kesehatan Pendidikan (Bagi Pelajar , tidak ada waktu senggang untuk belajar)

Saya akan menunjukkan bagaimana  Berinternet yang baik dan sehat agar kita dapat mengurangi masalah2 seperti di atas.
1.Menetapkan waktu berinternet, kalau sobat2 punya waktu senggang maka berinternetlah, tetapi jangan sampai sobat lupa makan dan melalaikan sholat.
2. Berinternet untuk hal, hal yang berguna. Seperti mencari artikel2 bermanfaat di Google, Blogging, dan membuat suatu forum belajar di internet
3. Kadangkala kalau sudah hobby berinternet ria suka lupa sama teman teman kita maka dari itu
sempatkan waktu kita untuk bermain bola jam setengah lima atau ngumpul ngumpul bersama teman kita dan jika pada hari libur ajaklah ke warnet teman teman anda lalu mainlah bersama game online.
4. Gunakan software yang dapat mempercepat kinerja browser kita seperti speedy fox dan ccleaner karena jika browser lemot tidak membuang waktu dan duit sobat.
5. Pada saat berinternet ria usahakan jangan lupa membuka situs seperti detik.com okezone.com kaskus.us supaya pada saat berinternet ria juga dapat belajar dan mencari informasi dan usahakan bahwa internet malahan membuat kita pintar dan berwawasan..
6. Usahakan jangan terlalu lama bermain internet karena akan membuat kesehatan kita terganggu. Main setidaknya 3 jam saja jangan lebih dari 3 jam kalau ingin bermain lagi usahakan istirahat dulu
7. Hentikan melihat ke layar monitor, dan mulai menatap objek yang jauh untuk beberapa saat, hal ini perlu dilakukan untuk mencegah stress pada otot lensa mata anda karena terus menerus dipaksa berkontraksi pada kondisi yang sama terus menerus, lakukan hal ini dalam interval yang tetap dan jangka waktu yang kira-kira bersamaan
8. Kalau sobat senang dan hobby download jangan lupa gunakan software yang dapat mempercepat proses download seperti internet download manager,dengan ini kita jadi bisa menghemat waktu Dan jadi tidak berlama lama berinternet.
9. Gunakanlah internet untuk mencari amal kebaikan , seperti membaca Al-Qur'an melalui Internet, mencari hadist, ataupun m=bergabung ke forum uamt muslim seperti  Forum Madina
Nah, mungkin itu saja tips dari saya , apabila ada yang mau berkomentar ataupun memberi tanggapan , silahkan ,, OK



0 comments:

Post a Comment